Discovery Fantastic
1. Pengertian Sevent Segment 

Seven Segment adalah suatu segmen- segmen yang digunakan menampilkan angka. Seven segmen ini tersusun atas 7 batang  LED yang disusun membentuk angka 8 dengan menggunakan huruf a-f . Setiap segmen ini terdiri dari 1 atau 2 Light Emitting Diode ( LED ).

2. Macam-macam Seven Segment
a. COMMON ANODA
   Commom anoda ini berada pada kondisi aktif high.

b. COMMON KATODA
   Common katoda ini berada pada kondisi aktif low.


3. Adapun cara kerjanya


  Cara kerja seven segmen ialah input biner pada switch dikonversikan masuk ke dalam decoder, baru kemudian decoder mengkonversi bilangan biner tersebut menjadi decimal, yang nantinya akan ditampilkan pada seven segment.

4. Susunan dari Sevent segment yaitu :

a. Decoder yaitu suatu alat yang berfungsi mengubah/ mengkoversi input bilangan biner menjadi decimal.

b. Encoder yaitu suatu alat yang berfungsi mengubah/ mengkoversi input bilangan desimal menjadi biner.

c. Multiplexer adalah Suatu rangkaian kombinasi yang ouputnya mempunyai logika sama dengan jalur input yang ditunjuk pada selector. Multiplexer ini memiliki banyak input dan memiliki satu output.

d. Demultiplexer adalah suatu rangkain kombinasi yang bersifat berkebalikan dari multiplexer dari kata "de". Rangkaian ini memiliki satu input dan memiliki banyak keluaran ( output ).

 Sebenarnya sevent segment banyak sekali diaplikasikan pad berbagai praktikum seperti Sistem Digital, dan sekarang ini FPGA. Pada kesempatan kali ini tulisan ini lebih dispesifikasikan pada pemograman VHDL atau praktikum FPGA.




0 Responses

Posting Komentar