Discovery Fantastic

  Elektronika ya????....itu dia pelajaran yang tidak bisa saya lupakan...karena pada semste ini saya kebetulan mendapatkan praktikum elektronika dasar...pada awalnya saya merasa awam sekali dengan komponen-komponen elektronika yang ada seperti resistor, kapsitor dan lain-lain, serta memiliki fungsi masing-masing. waktu terus berputar dan hari berganti hari ..hahha seperti dongeng aja ne,,,heeem,,tiba waktunya pembuatan alat yang bernama Auto Fan beserta makalhnya,,dan harus di kumpul tepat waktu.. pada langkah awal paembuatan jalur atau nama kerennya si " LAYOUT " PCB yang diguankan pada paembuatan proyek saya ini mengguanakan PCB polos, so harus extra kerja kera bareng kelompok saya. setelah layout jadi makah proses selanjutnya yaitu layout yang sudah selesai digambar diPCb terus di boor, nah,,ini dia yang bikin setres juga,,pada saat dibor PCB sering sekali pecah-pecah otomatis PCb yang sudah susah payah tadi digambar dengan hati yang ikhlas,,cie beneran ikhlas ne???ahha ya iya lah,,hohooh...harus diulang lagi dengan mengganti PCB yang polos lagi, ya terpaksa berusaha keras lagi,,untungya pada saat bor kelompok saya dan kelompok saya  hanya gagal satu kali dalam pembolongan PCB,,cihuy cuman satu kali hahha...proses ini belum berakhir..proses selanjutnya yaitu hatching atau nama kerennya perendaman PCB kedalam larutan kimia(ferri klorida (Fecl3)), nah proses ini juga memakan waktu kurang lebih satu jam,,setalah satu jam maka tibalah PCB tadi diangkat dan perhatikan jalurnya putus apa tidak???hahah alhamdulilahirobilalamin pada saat hatching ini kelompok saya berhasil jalurnya tidak putus,,hore hore,,, uhuuh tapi teman proyek alat yang laen pada saat hatching jalurnya putus,,uhhuu ikut prihatin juga,,jadi mereka harus mengulang dari awa lagi hufft,,cape de,,semangat friends..,, setelah kelompok saya berhasil dalam hatching...oya ini pengerjaan alatnya sudah deadline uhhhuuh saya setres banget takut gagal proyek,,udah waktunya mepet makalh belum kelar setresssssssss pokonya.....,, alhamdulilah allah mem beri jalan kemudahan hingga akhiranya pada hari H ,,proyek kami berhasil...horeee,,, oya dalam pengerjaan proyek auto fan ini kami mebagi tugas,,ada yang bikin proyek, kebetulan saya dapat bagian pembutan makalahnya,,tapi pas proses pembuatan proyek dari NOL besar, saya juga iktu membantu... hingga akhirnya makalah saya pun juga berhasil.. pesan yang dapat diambil dsini yaitu:
  1. dalam pembuatan suatu proyek dubutuhkan kerjasama antar kelompok.
  2. terus jangan panik kalau suatu alat masih gagal terus berjuang mati-matian alias jangan menyerah.
  3. ketelitian yang ekstra keras dan jangan menunda-nunda pembuatan proyek, kalo sudah dapat bayangan langsung dikerjakan( jangan deadline)
  4. nah yang ini ne,,butuh yang namanya kesabaran.


Umumnya, sistem pendingin otomatis dengan sensor temperatur digunakan sebagai sistem pengaman alat dari panas yang berlebihan, maupun pengendali otomatis temperature ruangan. Rangkaian sensor panas elektronik dengan menggunakan IC LM 335 adalah suatu rangkaian yang dapat bekerja secara otomatis untuk mendinginkan ruangan atau alat yang bertemperatur panas. Secara umum rangkaian sensor panas elektronik terdiri dari Blok Input menggunakan sensor elektronik yaitu IC LM 335 sedangkan pada Blok Proses terdiri dari dua bagian yaitu : (A) Bagian Pengendali dan (B) Bagian Pembanding dengan menggunakan komponen IC LM 723 CN dan pada Blok Output menggunakan transistor sebagai saklar elektronik dan relay sebagai saklar mekanik yang berfungsi untuk mengaktifkan kipas dengan arus dan tegangan AC agar dapat berputar. Rangkaian sensor panas elektronik dengan menggunakan IC LM 335 akan aktif untuk menggerakan kipas dengan tegangan AC ketika temperatur ruangan atau suhu yang panas pada peralatan elektronika mencapai suhu sebesar 30ºC dan mulai tidak aktif untuk menghentikan gerakkan kipas dengan tegangan AC ketika temperatur mencapai suhu sebesar 25 ºC.
0 Responses

Posting Komentar