Discovery Fantastic
SOFTSKILL  : BAHASA INDONESIA 1

BY                 : LEDI DIANTO

Sebagian besar orang tidak tahu apa itu tempoyak? termasuk makanan atau sebuah alat? pastinya Anda yang belum pernah mendengar kata tempoyak penasaran?

daripada semakin penasaran, ini saya kasih tahu mengenai apa itu tempoyak ? Tempoyak merupakan salah satu bumbu dapur yang banyak diolah, seperti dalam pembuatan pindang dari tempoyak, terus telor yang dikasih tempoyak terus digoreng. Tempoyak sebutan makanan atau bumbu dapur bagi masyarakat daerah sumatera selatan. Didaerah Sumatera Selatan tempoyak pada umumnya, digunakan sebagai pelengkap bumbu masakan. Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, yaitu pelengkap dalam pembuatan pindang tempoyak yang dicampur dengan ikan, atau bisa dimasak dengan telor terus digoreng. Selain itu tempoyak ini sendiri bisa dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu. Ayo tambah penasaran kan??

Kenapa tempoyak bisa dimakan secara mentah-mentah? apa tidak bahaya ? untuk menjawab itu semua, terlebih dahulu kita harus tahu tempoyak terbuat dari apa???? ada yang tahu tempoyak terbuat dari apa? tempoyak terbuat dari buah durian...semua orang pasti tahu buah durian dan saat makan buah durian tersbut sangat lezat. Durian yang sudah mateng dikupas ambil keluarkan bijinya, setelah itu "pisahkan daging yang menempel berwarna kuning dibijinya menggunakan sendok"  kemudian "daging yang menempel dibijinya sudah dipisahkan sebelumnya" dijadikan satu dimangkok, berikan garam diatas daging biji durian yang sudah dipisahkan tadi, setelah itu lapisi lagi dengan daging biji durian diatasnya. Kemudian beri gula diatasnya. Terus dilapisi lagi dengan daging biji durian yang sudah dipisahkan tadi, kembali lagi beri garam dilapisi lagi dengan daging biji durian yang terpisa tadi beri gula lagi. Lakukan secukupnya berulang kali. Setelah selesai pindahkan kedalam toples atau sebuah tempat sejenis toples yang tertutup. Biarkan didalam toples hingga 3 hari, lihat hasilnya daging durian yang terpisah dan diberi garam dan gula sebelum pembuatannya sekarang menjdai tempoyak, setelah proses permentasi didalam toples tertutup selama kurang lebih tiga hari sudah bisa dikatakan menjadi TEMPOYAK.

Semoga bisa bermanfaat. Terima Kasih. 
0 Responses

Posting Komentar