Discovery Fantastic
Tugas Soft Skill: Manajemen Proyek dan Resiko
By: inovationendit

  • Sejarah Ringkas Manajemen Proyek
manajemen proyek suatu disiplin ilmu era tahun 1950-an, Amerika bangsa yang pertama kali menggunakan manajemen proyek. Henry Gantt sebagai Bapak ilmu manajemen proyek, namanya juga menjadi metode bernama "Gant Chart". mempelajari manajemen proyek itu tidak sulit, karena didalamnya terdapat hal-hal yang biasa dilakukan setiap orang, cuma ditambahkan sedikit logika dan aturan yang khusus.
  •  Hal-Hal Yang Perlu diperhatikan Dalam Pembuatan Proyek
 1. APA ITU PROYEK?
2. BAGAIMANA KITA MENGETAHUI BAHWA ITU SEBUAH PROYEK?
3. SKILL APA SAJA YANG DIBUTUHKAN ?
4. BAGAIMANA SIKLUS HIDUP PROYEK ITU SENDIRI?

Untuk point pertanyaan point pertama apa itu proyek? proyek merupakan usaha yang harus dilakukan dari awal hingga akhir pada suatu kejadian, yang mempunyai batasan waktu-anggaran, sumber daya manusia maupun material.

Untuk point kedua bagaimana kita mengetahui bahwa itu adalah sebuah proyek? diperlukan beberapa ciri-ciri atau karakterisistik dari proyek itu sendiri, dimana ada tujuan atau sasaran, memiliki rentang waktu atau deadline, waktu biaya dan syarat kerja yang lengkap, dan event atau kejadian sebelumnya belum pernah dilakukan.

Untuk point ketiga skill apa saja yang dibutuhkan? ada beberapa skill yang harus diperhatikan atau digunakan kepada owner, user, lingkungan dan team. Owner (atasan) memberikan informasi biaya atau budget dari segi finansial, dan resiko kedepan yang dihadapi, ketika berbicara user dapat mengajak untuk menggunakan hasil dari proyek. lau ketika berbicara dengan team tentunya harus ada keahlian tekhnik, dapat mengarahkan dan tentunya manajerial skill harus tetap ada. terakhir ketika kita berbicara dengan lingkungan dalam hal ini suatu instansi yang terkait atau pun pemerintah dapat meminta persetujuan atau izin akan adanya pengadaan suatu proyek tersebut.

Point kempat bagaimana dengan siklus hidup proyek? sebelumnya kita harus tahu apa itu proyek yang sudah disingggung pada point diatas. maka siklus dari proyek tersebut adalah sebagai berikut:
  1. siklus penentuan, tentukan masalah secra detail, teliti dengan tujuan proyek yang mau dilaksanakan,dan membuat sebuah team yang bisa mengerti dan bertangguang jawab atas proyek tersebut.
  2. siklus perencanaan, periksa kembali apakah proyek sudah pernah dijalankan, terus buat jadwal pelaksannaan proyek, manfaat proyek yang dilaksanakan, kualitas dan anggaran yang diperlukan.
  3. siklus eksekusi, tahpan implementasi dari proyek,dan hasil fisik atau produk yang dihasilkan, waktu dan biaya yang digunakan, dan dapat diukur sejauh mana proyek tersebut sudah dilaksanakan.
  4. siklus training dan penutupan, proyek yang sudah dilaksanakn tersebut harus diperkenalkan kepada pelanggan terakhir identifikasi proyek tersebut dan buat laporan proyek berupa template proyek tersebut.
Jadi inti sarinya :
Manajemen proyek adalah suatu cara mengelola,mengarahkan dan mengkoordinasikan,sumber daya (manusia atau material) saat memulai sebuah proyek hinggga akhir untuk mnecapai sebuah tujuan,dimana dibatasi oleh biaya waktu dan kulitas untuk mencapai kepuasan.





Referensi:
http://ilmukomputer.org./2009/03/01/pengenalan_manajemen_proyek/



0 Responses

Posting Komentar