Discovery Fantastic
Tugas Soft Skill: Manajemen Proyek dan Risiko
By: inovationendit

Abstrak

Buku? suatu yang sangat tidak asing lagi, dengan adanya buku maka bisa menambah pengetahuan bagi si pembaca tersebut. Didalam sebuah buku tersebut harus mempunyai tujuan yang jelas.Tidak hanya sebagai dibaca tetapi bagaimana bisa mempengaruhi pembaca, dalam arti sebagai media pengetahuan dan inspirasi. Didalam buku biografi ini diharapkan para pembaca bisa menghargai suatu kehidupan baik dalam keadaan suka maupun duka, dan sebagai media inspirasi kiat-kiat berhasil sesuai biografi seorang yang sudah sukses. Namun kita harus mengetahui terlwbih dahulu apa itu biografi? Biografi bisa kita skatakan sebagai riwayat hidup sesorang yang dituangkan dalam bentuk tulisan dan sebagai medianya adalah buku.

Kata kunci: Buku biografi, tujuan buku, manfaat buku.


Pendahuluan

Malas adalah hal yang lazim dimiliki semua orang, karena sifat malas tersebut sudah ada pada diri pribadi seorang. Salah satunya adalah membaca, oleh karena itu buku yang beredar dimasyarakat harus dibuat semenarik mungkin untuk menumbuhkan minat baca, salah satunya buku biografi. Kenapa buku biografi? kita perhatikan bahwa perjalanan hidup seorang dari belum sukses hungga dia sukses baik suka maupun duka, ini bisa mebuat orang untuk membaca, karena banyak hal yang diceritakan dalam buku sebuah biografi, sedangkan sebagaimana kita ketahui masyarakat suka mengetahui perjalanan hiudp seorang untuk dijadikan motivasi atau dorongan dalam kehiddupan. Karena itu buku biografi ini sebagai proyek yang banyak dibuat.

  • Pembuatan Proyek Buku Biografi



    Pembuatan proyek buku ini bertujuan untuk mengteahui sejarah atau tentang kisah  dari seorang tokoh dari awal hingga akhir.
    1. Biografi
    Biografi berasal dari bahsa Yunani, yaitu bios yang berarati hidup, Dab Gaphien yang berarti tulis. Dengan kata lain biografi merupakan tulisan tentang kehidupan seseorang. Biografi secara sederhana dapat dikatakan sebagai sebuah kisah riwayat hidup seseorang.

    2.tujuan dan motivasi
       a. ekonomi
    Anda sangat mengharapkan imbalan berupa uang, alasan ini sah-sah saja karena merupakan salah satu kebutuhan dasar dari seorang manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.
      
       b. popularitas
    Dengan adanya suatu biografi ini, kemungkinan beasar semua para pembaca mengatehui identitas Anda, dan kemungkinan besar dari yang sebelumnya belum terkenal dengan adanya biografi ini nama Anda bisa dikenal disemua kalangan pembaca dan di masyarakat.
      
       c. Backup dan sharing
    Dengan adanya buku biografi ini bisa menambah ilmu pengetahuan serta sharing pengalaman hidup yang pernah anada alami sebelumnya, dengan adanya buku biografi ini juga kemungkinan rasa sympati para pembaca dan menghargai pahit dan manis dari suatu kehidupan.

    3. Menulis dengan persaan (hati)
       a. membangkitkan emosi
    Menulis berarti mengekspresikan hati dan otak kedalam bentuk tulisan, ulisan juga bisa mempengaruhi seseorang jika dilakukan dengan hati atau secara sungguh-sungguh. Bukan otak semata perasaan juga sangat berpengaruh dalam pengekspresian sebuah tulisan.
     
       b. Siap dikritik
    Penulis juga harus menerima kritik, saran protes dan ancaman, semuanya menyakitkan hati, tetapi semua dibalik itu pasti ada hikmah yang dapat dipetik.

       c. Tidak menggurui
    Pembaca mana sih yang senang dinasehati atau diceramahi? lebih baik diskusi, dan jangan berpikir terlihat hebat karena akan membuat jarak dengan pembaca.

        d. jujur
    Kata sederhana ini lah sebenarnya kata kuncinya, walaupun semua orang sulit berkata jujur tapi lebih baik dibiasakn sedini mungkin, karena kejujuran suatu sikap yang tak ternilai harganya.

    4. Suka Duka Menulis
    • Duka penulis
    1. penghasilan tidak pasti.
    2.  menerima kritik dan pujian.
    3. Belajar dan belajar.
    4. keadaan Mood artinya pada saat petama kali menulis merasa semangat dan lama kelamaan bisa membosankan.
    • Suka penulis
    1. Honor atau royalti.
    2. Enterpreneur atau pejuang setiap detik dimanfaatkan untuk menulis.
    3. kepuasan dan ketagihan maksudnya setelah menyelesaikan tulisan perbab maka akan melanjutkan bab selanjutnya.
    4. Populer jika penjualan buka anda laris maka nama anda akan terkenal.
    5. menemukan atau mencari penerbit.
    Menemukan penerbit yang cocok sama seperti halnya mencari pasangan hidup karena harus mengetahui seluk beluk, dan ketika sudah cocok maka kita akan bekerjasama.

    • setelah itu anda sebaiknya memberikan 
    1. judul menarik dan bermanfaat.
    2. Print sebagian materi yang diandalkan.
    3. Kerangka atau daftar isi.
    4. Surat pengantar, sebaiknya anda memberikan batas waktu penerbit untuk menghubungi anda.
    5. Biodata.

    • Sistem mana yang terbaik?
    jika anda yakin buku anda bermutu(materi padat, manfaat, mudah dicerna, menarik dll) dan bakal laiis sebaiknya Anda memilih sistem royalti. Dengan sistem ini anda akan bersemangat  untuk promosi dan menjulanya agar buku anda cepat habis.

    5. Sistem Pembayaran Kepenulis
    a. royalti
    biasanya penerbit meberi royalti 10%-15% dari harga resmi setiap buku, jika harga buku rp.50.000 maka royalti yang didapat untuk anda mendapat rp.5.000 setiap buku.

    b. Jual Putus
    Anda menerima langsung pembayaran dari awal.

    c. gaji
    Persis seperti karyawan, anda menerima gaji tetap perbulan sebagai penulis dengan target tertentu.

    6. Sasaran Pembaca
    • Spesifik, sebelum menulis tentukan terlebih dahulu sasaran pembaca buku anda.
    • Tidak narsis
    • Kasus netral tidak menonjolkan golongan ras, agama tau merek tertentu.
    7. Promosi
    Baik dimedia cetak maupun elektronik, ataupun secara langsung.


    referensi:
    http://www.scribd.com/doc/16713992/Tips-Membuat-Buku-Best-Seller
    http;//biografi.lawan.us/2009/12/19/pengertian-biografi-serta-cara-menulis-biografi/
    http://suzannita.wordpress/2009/05/22/berburu-buku/
    0 Responses

    Posting Komentar