Discovery Fantastic
Softskill : Interaksi Manusia dan Komputer
By : ledi

  
Sejak zaman yunani kuno sampai sekarang ini tekhnik ingatan meiliki tiga pondasi:

1.Imajinasi,
semua orang pasti mempunyai imajinasi berbeda-beda, imajinasi biasanya akan timbul saat pikiran kita sedang kosong ataupun melihat, merasakan dan mendengarkan dari hal-hal yang menarik dalam kehiduapn. Imajinasi tersebut bisa dikatakan sebagai khayalan yang ada dipikiran kita dimana bisa dilihat atau dibayangkan, didengarkan dan dirasakan. Karena berimajinasi membuat kita berpikir atau berkarya untuk kedepannya dengan batuan akal dan pikiran (otak). Sebagai contoh: imajinasi wajah ayah ataupu ibu. Namun setiap orang ada yang susah dalam berimajiansi, hal tersebut bisa diatasi dengan terus berlatih dan berusaha.

2.. Asosiasi
Asosiasi bisa dikatakan sebagai kita mengambil sebuah objek yang kita kenal sebelumnya, dimana objek tersebut bisa kita hubungkan dengan hal yang sedang kita upayakan mengingatnya atau disebut sebagai tanda (isyarat). Sebagai contoh bisa kita ambil yaitu Rambutan, dan pada saat obejek yang kita lihat tersebut akan membuat otak kita mencatat kata rambutan tersebut, dan otak akan bereaksi mengingat kulit, bau, rasa, serta warna dari buah tersebut.

3. Lokasi
Lokasi sangat dibutuhkan karena dengan adanya lokasi maka kita akan mengetahui letak dimana suatu objek tersebut berada dan mengingatnya. Sebagai contoh kita ambil sebuah uang, dimana uang kita simpan tersebut kita simpan disebuah lemari yang dicampur dengan pakaian. Setelah berapa tahun kita mengambil simpanan uang kita tadi, karena adanya lokasi tempat penyimapanan uang kita tersebut maka otak akan mengingat lokasi atau tempat menyimpan uang bebrapa tahun yang lalu, yaitu lokasinya dilemari.

Selain itu untuk memicu daya ingat imajinasi, asosiasi dan lokasi, ada beberapa cara yang bisa dilakukan:
A. Indra
Untuk mempermudah daya ingat perlu yang namanya indrawi. Seperti penglihatan (mata), bunyi (telinga), bau (hidung), rasa (lidah), dan gerak (tangan dan kaki).

B. Humor
Humor merupakan salah satu solusi untuk menghilangkan ketegangan otak, entah itu setres atauapu hal yang lain. Dengan humor bisa mebuat otak kita relax, dan biasanya otak gampang mengingat cerita-cerita lucu atau kejadian-kejadian yang aneh kita alami. Dengan demikian bisa memicu daya ingat dari seseoarang.

C. Gambaran positif
Gambaran positif akan membuat seorang tersebut menjadi semangat dalam berpikir, karena gambaran postif lebih gapang diingat otak dibandingkan dengan gambaran negatif. Sebagai conto: mencuri mencuri adalah hal yang negatif dari gambaran otak kita, akan tetapi kalau kita menghubungakannya dengan imajinasi akan mendapatkan gambaran positif, seperti mencuri makanana kita bayangkan orang tersbut memakai wig (rambut palsu), gigi emas, berkacamata, lipstik mencolok atau menor, dan memakai sepatu terbalik. Dengan imjiansi humor tersebut bisa dikatakan hal tersebut sebagai gambaran postif karena kita berimajinasi secara jenaka atau humor dan menhindari dari hal yang negatif.

D. Berlebihan
Sebagai contoh buat suara Anda yang tadinya kecil, terus Anda berusaha meniru suara yang menarik seperti suara doraemon, hal tersbut membuat anda berimajinasi dalam hal bersuara.


Sumber : Buku Melipatgandakan Potensi Otak
0 Responses

Posting Komentar