Discovery Fantastic
System program adalah jenis device software dibutuhkan untuk pembentukan sistem baru atau software untuk menjalankan program aplikasi, tetapi tidak ditujukan kesuatu aplikasi khusus, seperti software apliksi.

Contoh dari program sistem: sistem operasi,compiler, dan program untuk pengeditan text.

Program sistem dapat dibagi menjadi tiga klasifikasi:
1. Sistem Operasi
2. Program utilitas
3.program khusus.

Program itu sendiri adalah kegitan atau perintah untuk eksekusi oleh komputer, sedangkan sistem itu sendiri dapat diartikan: suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur saling berhubungan , bersama-sama melakukan kegiatan atau menyelesaikan suatu masalah.



Disini diawal tugas pertama dan kedua ini yaitu:

1. Apa perbedaan program sistem dengan program lainnya?

2. Apa perbedaan pemrogramsn sistem dengan aktivitas pemrogramn lainnya?



Bisa kita lihat bahwa perbedaan tersebut kita ambil beberapa contoh


a. Assembler melakukan translasi instruksi mnemonic ke dalam kode mesin

b. Compiler membangkitkan kode bahasa mesin

c. Sistem operasi menjalankan fungsi manajemen terhadap sumber daya pada sistem komputer.



Selain itu bisa kita lihat:

Program sistem itu sendiri yaitu membantu eksekusi "general user program" secara efektif pada sistem komputer. 

1. Dalam hal penggunaan sistem komputer (pengaruh konfigurasi sistem komputer:main storage, auxiliaries, dll)

2. Dalam Hal Sumber Daya Manusia(SDM) yaitu pengaruh lingkungan komputasi: program development, data processing, real time application,dll).


Sebagai contoh; yaitu Compiler pada bahasa pemograman FORTRAN.


Disini kita akan mengambil Compiler dari bahasa pemrograman Fortran, yang banyak digunakan untuk komputasi scientific. Contoh ini bisa kita lihat perbedaan program sistem dengan program lainnya. Sebut saja jika perancang compiler dalam kasus ini compiler merupakan sistem program yang lebih menekankan pada optimalisasi sumberdaya komputer, misalnya CPU. Untuk menjalankan pekerjaannya, maka perancang tersebut akan berharap compiler dapat menjalankan proses compilasi FORTRAN secara cepat, efisien. Efisein disini bisa dikatakan bahwa program tersbut ditranslasikan ke dalam bentuk bahasa mesin.


Pemrograman sistem adalah aktivitas perancangan dan pengimplementasian sistem program.

Dicontoh ini bisa kita lihat perbedaan aktifitas pemograman sitem dengan pemograman lainnya: kita ambil saja aktifitas pada kali ini yaitu pembuatan software sistem.

Software sistem itu sendiri adalah kumpulan sistem program menyediakan fungsi seperti file editing, resource accounting, IO management, storage management dll.
Sebut saja Doni adalah seorang programmer, dengan kata lain dia akan melakukan  pendekatan terlebih dahulu pasa sistem komputer. Doni pertama-tama dia melakukan pembuatan bahasa pemogramn yang Ia mengerti, dimana hal ini berkaitan dengan CPU juga pastinya. Dimana CPU ini hanya mengerti informasi spesifik dengan format yang buatnya (bahasa mesin). Dimana dalm hal ini diperlukan yang namanya bahasa perantara (language translator) atau compiler yang bisa mengkonversi bahasa tingkat tinggi ke dalam set instruksi bahasa mesin yang dimengerti oleh CPU tersebut. Dimana pekerjaan dari CPU itu sendiri dibantu oleh sistem operasi diantaranya penjadualan pekerjaan.



Evolusi Sistem Software


1. Language Translator


Pertama kali program dibuat dalam bahasa mesin, sehingga dengan adanya bisa mengkonversi bahasa tingkat tinggi ke dalam set instruksi bahasa mesin.

2. Batch Monitor
 
Untuk merealisasikan proses dari sekumpulan pekerjaan.kelemahannya: turn along time yang cukup lama.

3. Multiprogramming Operating System
 
Pada arsitekture komputer klasik, instruksi I/O dieksekusi bersamaan dengan instruksi lainnya (aritmatik dan logic) oleh CPU.

4. Time Sharing operating System

Kebutuhan akan turn arround time yang singkat melalui interactive computing. Dengan interactive computing, komputer bisa merespon langsung input dari user dengan respon time yang singkat. hal ini, dikarenakan setiap program memiliki yang namanya fixed time CPU.


Sumber:
 
http://forkammi-online.blogspot.com

http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/computer-system-s1/pemrograman-sistem/pendahuluan

http://www.total.or.id/info.php?kk=system%20pr
ogram


0 Responses

Posting Komentar