Discovery Fantastic
Jenis-jenis Hardware Pada Handphone atau Ponsel 
  
Perangkat keras yang terdapat pada handphone , Selain komputer, kita mesti mengetahui juga hardware pada handphone.

Harwdare(perangkat keras)
suatu perangkat dimana perangkat tersebut bisa dilihat, disentuh oleh tangan.  Selain itu hardware harus ada pendukungnya juga yaitu software.

Software adalah kebalikan dari hardware yaitu bisa dilihat, akan tetapi tidak bisa disentuh secara langsung.




hampir sama dengan komputer, hardware dari handpone terdiri dari:

1. CPU

Didalam handphone terdapat yang namanya CPU disini Cpu, bekerja sebagai central processing unit, dari kata-kata tersebut bisa kita artikan bahwa central itu sendiri pusat, berarti secara sederhana yaitu unit proses pusat. Dimana bisa bertugas dalam hal :

* sebagai alat getar
* Kamera
* Input keypad

dan lain sebgainya.


2. Media penyimpanan atau sering kita dengar yaitu Memory
 Didalam media penyimpanannya ternyata dihandphone memiliki dua media penyimpanan:

a. RAM( Random Access Memory)


Dari kata diatas bisa kita artikan sendiri sebagai media penyimpanan diakses secara acak ( random). Contoh sederhananya: Bisa kita foto, video, rekaman dan lain sebagainya. Biasanya kita menyimpannya pada kartu memory.

b. Flash (ROM, EEPROM)


Ini bisa diartikan bahwa media satu ini juga merupakan media penyimpanan seperti Ram juga, akan tetapi funginya lebih spesifik lagi dari RAM, yaitu sebagai tempat penyimpanan data utama.

Contoh OS
. Os pada hp ini yaitu pemograman data perintah dimana bisa menjalankan
yang namanya sistem yang ada pada ponsel.

ket: EEPROM( Electrically Erasable Programmable Read Only Memory)dari kata-katanya
bisa kita artikan sebagai tempat penyimpanan yang bisa dihapus dengan
bantuan elektrik  dimana bisa dibaca dan ditulis.

Contoh: IMEI, Security Code, dan data kalibrasi sinyal pada ponsel.


3. Charging (Bateray)

Kenapa termasuk hardware?? karena dihape memerlukan sumber arus dan tegangan yang teradapat pada baterai itu sendiri, dimana dayanya akan berkurang setelah pemakaian dalam waktu tertentu dan perlu diisi dengan menggunakan charging ponsel itu sendiri. Komponen pendukung filter kapasitor,coil, dioda. Dimana dilengkapi juga yang namanya power IC dimana komponen mendapatkan asupan arus listrik 3,6 volt dari power suplay untuk mengisi bateray.

4. Unit Signal

Sebagai pemancar dan penerima sinyal sehingga kita bisa melihat logo operator dan berapa persent(%) sinyal yang tampil pada display ponsel.




5. Output perangkat keras berupa suara dilengkapi dengan speaker. Speaker pada ponsel termasuk dari hardware karena bisa dilihat dan disentuh.



lsumber : http://blog.uny.ac.id/abbasftm/category/handphone/

3 Responses
  1. amaterasu Says:

    komponen input & outputnya mana?


  2. om ledi, kalau kartu memory internal masuk RAM ya di hp kalau batery habis data nya hilang donk, kalau di pc memory storage yang nonvolatile biasanya pakai harddisk sedangkan RAM nya hanya digunakan saat hp sedang on,
    sekarang tempat penyimpanan data internal di hp sudah hampir mirip seperti hardidisk pc apalagi yang eksternalnya. makin maju aj teknologi mobile


  3. @alvin : thx komennya alvin

    hem vin, bukannya diatas sudah saya jelaskan yang sebgai input dsna asupan daya listrik untuk batteray (tombol on/off pad hp) sdgkan outputnya dlm bntuk suara saat kita sms n nelpon lwat audio ( speaker) oke thx alvin atas komennya... maaf kurang lgkap pnjlsnnya

    @anas ow gitu ya nas bisa hilang ya.. oke thx masukkanaya...


Posting Komentar