Discovery Fantastic
Softskill: Interaksi Manusia dan Komputer

By: ledi

    Setiap anak memiliki kelebihan masing-masing dan mempunyai bakat tersendiri, dengan bakat tersebut maka orang tua harus mengetetahui bakat yang ada pada anak mereka masing-masing unttuk dilatih dan dikembangkan. Beberapa anak yang memiliki nilai atau skor yang tinggi dalam tes IQ dan ukuran kecerdasan yang konvensional. Sedangkan anak-anak yang lain kemungkinan sulit untuk menunjukkan bakat yang dimiliki oleh anak mereka, oleh sebab peran orang tua untuk pintar-pintar memilah bakat anaknya yang tersembunyi dan menjadikan bakat tersebut menonjol dalam prestasi.

  Dalam kecerdasan seseorang anak memiliki tingkat IQ yang berbeda-beda. Menurut Gardner ada tujuh tipe mendasar untuk suatu kecerdasan: 


A. Linguistik: Biasanya  sifat ini, lebih menonjolkan pada rasa senang anak untuk belajar kata-kata dan bahasa. Dengan bantuan indera penglihatan, pendengaran dan ucapan.

B. Spasial: Sifat yang satu ini biasa anak memiliki suatu kecerdasan yang cenderung pada belajar dalam bentuk visual. Dalam arti anak tersebut akan cepat menerima dan memahami suatu ilmu dengan cara melihata gambar-gambar, foto dan persentasi dalam bentukk visual.

C. Kinestik Tubuh: Sifat yang ini memiliki suatu kecerdasan dengan cenderung pada posisi bergerak. Maksudnya yaitu dengan permaianan peran atau dansa, serta pengalaman-pengalaman belajar lain yang berdasarkan pada suatu aksi atau tidakan.

D. Musik: Dengan adanya musik maka anak akan terpacu untuk merangsang otaknya, mereka akan belajar dengan baik jika informasi tersebut disampaikan dalam bentuk nyanyian, direkam atau kata-kata belajar dijadikan sebuah melodi untuk gampang dingat.

E. Matematika Logika: Sifat yang satu ini memiliki pola berpikir yang abstrak. Bisanya mereka menggunakan tekhnik belajar teka-teki dan permainan logika.

F. Interpersonal: Sifat ini memiliki pola belajar dengan cara bekerjasama dengan beberapa orang (kelompok).

H. Intrapersonal : sifat yang satu ini mampu belajar sendiri dengan baik. Biasanya dilakukan dengan otodidak menggunakan media seperti program komputer, buku-buku. Untuk bekerja secara independen.

   Sebagai seorang orang tua, ada baiknya untuk melakukan atau mengamati bakat yang dimiliki seorang anak Anda. Sebagai orang tua harus mampu mengakui dan memuji prestasi yang dihasilkanoleh anak Anda. Meskipun prestasi yang dilakukan anak Anda tersebut bertentangan dengan hal apa yang diinginkan oleh orang tua yang bersangkutan. Wkaupun demikian Anda harus memberikan semangat untuk anak,supaya bisa mengembangkan keahlian-keahlian dan potensi anak Anda miliki tersebut.

Sumber: Buku Smart Baby's Brain
0 Responses

Posting Komentar