Discovery Fantastic
Tugas 5 Softskill: Interaksi manusia dan Komputer

By : ledi

Deskripsikan mengenai "USER INTERFACE MANAGEMENT SYSTEMS (UIMS)?

Jawab:
User Interface Management sistem

  Salah satu media dalam interaksi manusia dan komputer adalah user interface. User interface sebagai salah satu bagian dari suatu software yang mempunyai peranan sangat penting dalam membantu kita untuk mengerti apa yang terjadi di antara user dan sistem, juga meterjemahkan tujuan dan apa yang diinginkan oleh user, serta apa yang harus dikerjakan oleh sistem tersebut. Interface adalah penghubung antara suatu sistem dengan penggunanya, juga merupakan hal pertama yang dilihat oleh pengguna Interface harus dapat memberi kesan pertama yang baik pada pengguna. Jadi user interface Manajement Sistem adalah suatu sistem yang bisa memanage atau mengatur kerja dari suatu sistem dengan user yang saling berkaitan.

Tujuannya adalah Penciptaan suatu cara agar bisa diadakan atau diperoleh interface yang konsisten yang mempunyai “look” (rupa) dan “feel” (rasa) yang sama untuk sejumlah aplikasi yang berbeda di dalam sistem yang sama juga.

Contoh User Interface Management System (UIMS) :
.Apple Macintosh.
.OSF/MOTIF dari Open Systems Foundation.
.Open Look dari Sun untuk AT&T.
.Windows dari Microsoft.

Bagaimana UIMS Mencapai Tujuan yang diinginkan?

Memberikan se-set fasilitas standar untuk penanganan dialog pemakai Misal : widgets, memberikan komponen standar dasar interface Bisa digunakan oleh programmer sebagai se-set alat Memberikan beberapa software standar yang mengelola cara yang digunakan oleh setiap program aplikasi untuk menggunakan interface itu. Se-set aturan mengatur cara tertampilnya atau cara bertindaknya berbagai fasilitas. Contoh : aturan tentang pengoperasian mouse :

.Klik tunggal untuk memilih item
.Klik ganda untuk mengaktifkan item
.Menarik mouse dengan masih menekan tombolnya untuk memilih semua item yang dilewati oleh kursor

Sebagian besar UIMS kegunaan umum didasarkan pada :
.Sistem windowing
.Memanfaatkan WIMP (Window, Icon, Menu, Pointer).
0 Responses

Posting Komentar