Discovery Fantastic
By : ledi 


   Mungkin jaringan tidak asing lagi ditelinga kita, hampir semua koneksi internet menggunakan jaringan sebagai penerima sinyal. Dengan adanya jaringan komputer kita bisa terhubung dengan satu sama lainnya. Walaupun jaringan sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, namun banyak sekali orang-orang yang hanya menggunakan fasilitasnya sajatanpa harus berpikir bagaimana bisa jaringan itu sendiri dibangun atau dirancang??pernahkah kita bertanya-tanya kepada diri kita sendiri?? ya pastinya kita penasaran, sebagian orang pasti belajar dan belajar untuk mencari informasi cara merancang jaringan tersebut dan tujuan dari rancangan jaringan tsb? Kita jangan hanya sebagai pengguna saja..harus tahu juga bagaimana cara kerja dari jaringan tersebut. Kembali lagi ke topik bahasan, sebelum kita masuk ke konsep jaringan komputer itu sendiri, alangkah baiknya kalau kita mengetahui arti jaringan tersebut. Jaringan bisa kita artikan sebagai Himpunan dari semua interkoneksi sejumlah komputer, dimana dua komputer atau lebih tersebut dikatakan mebentuk jaringan jika kedua-duanya saling bertukar informasi.


Konsep dasar jaringan

Jaringan komputer adalah sekelompok komputer saling berhubungan anatara satu komputer dengan yang lainnya, dengan menggunakan protokol komunikasi sehinngaa dapat saling berbagi informasi, aplikasi dan hardware secara bersama-sama.Secara umum kita bisa mengartikannya bahwa jaringan komputer adalah hubungan antara sutu komputer server dengan komputer lainnya untuk Server itu sendiri bisa kita katakan sebagai pelayan, dalam arti pelayanan dalam hal pengiriman data atau penerima data yang sudah diatur dalam komputer yang sudah terhubung dengan server.

   Selain konsep yang harus dibangun kita harus mempunyai tujuan dari jaringan itu sendiri dibangun??? Jaringan komputer itu dibangun sebagai pembawa informasi  secara tepat, tanpa adanya salah pengriiman maupun penerimaan (terjadinya kesalahan pengiriman atau penerimaaan suatu data relatif kecil). Tetapi hanya kendala saja yang sering dialami seperti mahalnya fasilitas komunikasi yang sudah tersedia, serta bagaimana pemanfaatnya supaya efektif dan efisein bagi pengguna, dan kemungkinan besar gangguan pada saat  pengiriman suatu data tersebut.Jadi, kesimpulan yang dapat diambil sebagai user atau pengguna kita harus tahu jaringan itu sendiri dirancang supaya kita tidak hanya sebagai pengguna saja, namun kita bisa memeplejari membangun sebuah jaringan.

Dari tujuan dan pengertian dasar untku membangun konsep dari suatu jaringan komputer, ada beberapa manfaat
yang didapat antara lain:
1. User dapat berbagi printer dengan kualitas yang lebih tinggi
2. jaringan membantu informasi yang disampaikan terus ter up-to-date setiap
kali memeberikan suatu informasi.
3. jaringan komputer mempercepat pembagian data atau sharing data.
4. dapat meningkatkan keefisienan dari suatu kelompok kerja misalnya sistem penjadwalan.
5. membantu perusahaan melayani pelanggan secara efektif.

Sumber : Buku Jaringan Komputer
0 Responses

Posting Komentar