Discovery Fantastic
Tugas 4 Softskill : Interaksi Manusia dan Komputer

By : ledi

Apa yang dimaksud teknik EVALUASI pada sistem interaksif dan tujuannya apa?

  Tekhnik merupakan suatu karakteristik yang dimiliki oleh seseorang untuk menghsilkan atau medapatkan sesuatu yang diinginkan. Sedangkan evaluasi itu sendiri mengevaluasi atau menguji manfaat dan fungsi dari sistem interaktif itu sendiri. Metode evaluasi harus dipilih secara akurat, cermat, dan harus cocok dengan suatu aktivitas yang sedang dilakukan. Evaluasi sering dipergunakan untuk menampilkan hasil dari suatu rancangan dengan proses uji coba dari suatu sistem yang telah dirancang sesuai dengan keinginan atau permintaan dari user ( pengguna).

    Adapun tujuan dari evaluasi itu sendiri yaitu:

. Melihat seberapa jauh sistem tersebut telah berfungsi

Rancangan sistem ini memungkinkan pengguna melakukan tugas yang diperlukan dengan lebih mudah, tidak hanya membuat fungsional pada sistem, tetapi mencakup sesuai harapan pengguna mencapai keberhasilan dari tugas tersebut. Evaluasi seperti ini meliputi pengukuran tebal untuk melihat keefektifan dari sistem dalam mendukung tugas tersebut.

. Melihat efek interface bagi user

Tujuan ini meliputi pertimbangan aspek dari kemudahan sistem dipelajari, dan mengidentifikasi area desain yang berlebihan dari user, dengan menggunakan informasi yang ada.

. Mengidentifikasi Masalah khusus pada sistem

Ketika suatu rancangan tidak sesuai dengan keinginan kita, atau terjadi kekcauan anatara user, ini tentunya berhubungan dengan fungsi dan usability ( bergantung pada sebab masalah). Tujuan ini salah satu aspek negative dari suatu rancangan atau desain.

 


0 Responses

Posting Komentar