Discovery Fantastic
Alangkah besar apa yang bisa diajarkan oleh kegagalan hidup tentang diri kita! Mereka yang memetik pelajaran dari kesalahannya bisa kembali dengan keadaan yang lebih kuat daripada sebelumnya.

Anda mungkin pernah gagal dalam karier, prestasi dan lain sebagainya. Satu-satunya cara untuk menghindari kegagalan adalah tidak pernah berusaha mengejar sukses; tetap tinggal di tempat anda sekarang. Sebenarnya anda bisa memetik pelajaran dari kegagalan, memikirkan apa yang tidak beres dan memperbaikinya. Anda mempunyai kekuatan untuk berubah. Bahkan seorang yang sukses seperti SamuelBeckett, penulis lakon sandiwara paling terkemuka di abad kedua puluh ini, pernah menulis bahwa dia merasa tidak asing lagi dengan kegagalan, “setelah bernafas dalam-dalam dengan udaranya yang menggairahkan hidup.”

Penelitian cermat terhadap kekalahan sangat penting. Anda harus menghadapikegagalan untuk menghindari kemungkinan mengulanginya. Berdasarkan wawancaradengan hampir 200 orang yang telah berhasil mengatasi kegagalan karier yangbesar, berikut ada enam alasan paling umum untuk kegagalan. Siapa pun anda,mungkin anda menemukan diri anda dalam daftar ini.

1.Kurangnya skill yang dimiliki.
Maksudnya sering kita melihat, sebagian orang yang selesai sekolah, tidak mempunyai skill. Dan itu berakibat pada diri mereka sendiri, itu juga yang menyebabkan pengangguran bisa terjadi.

2.Tidak Cocok.
Mungkin anda sama sekali tidak gagal, hanya menderita suatu kasusketidakcocokan. Sukses memerlukan kecocokan antara kemampuan, kepentingan,kepribadian, daya dan nilai-nilai dalam pekerjaan anda.

3.Tidak Adanya Komitmen.
Sesuatu yang dilakukan setengah-setengah meningkatkan kemungkinan gagal.


4.Fokus kearah yang terlalu besar.
Beberapa orang melakukan terlalu banyak kegiatan sehingga akhirnya tidakmelakukan satu pun secara baik.

5.Rintangan Tersembunyi
Kadang-kadang banyak rintangan tersembunyi yang sulit diperangi. Misal, umur.

6.Kemalangan.
Kadang-kadang suatu peristiwa terjadi dan anda tidak bisa menghindarinya. Apa yang dapat anda lakukan? Pertama, jangan menyalahkan diri sendiri kalau peristiwa itu terjadi. Kedua, ingat bahwa anda selalu memiliki pilihan, walaupun pilihan itu tidak terlihat jelas.

Kehidupan terus berputar bagai roda yang tak henti-hentinya berputar, begitupun juga Kesempatan datang silih berganti, dan arah yang anda tetapkan mungkin bisa berubah lagi. Tetapi kalau anda bisa berpikir jernih mengenai kegagalan, kalau anda meyadari bahwa anda adalah seorang yang selalu punya pilihan, maka anda akan bisa mengatasi sebuah pelajaran yang berharga.

Mengapa orang yang pintar pun bisa gagal? Mereka bisa saja gagal karena banyak alasan. Tetapi kegagalan bukanlah yang menjadi pokok persoalan. Orang yang paling baik punbbisa mengalami kegagalanb,. Yang penting adalah bagaimaan kita ememtik pelajaran dari kegagalan kita. Apa ciri khas yangmenonjol dari orang yang ebnar-benar pintar? Mereka memetik pelajaran. (diadaptasi dari “Mengapa Orang Pintar Bisa Gagal”, Carole Hyatt dan Linda Gottlieb)

Sumber :http://resensi.net/mengapa-orang-pintar-bisa-gagal/2008/06/09/
0 Responses

Posting Komentar