Discovery Fantastic
Tugas 3 Softskill : Interaksi Manusia dan Komputer
Sebutkan model-model sistem interaksi yang kamu ketahui?

By : ledi

  Suatu model dapat dikategorikan dari segi jenis, dimensi, fungsi, tujuan pokok keabstrakannya. Sedangkan dari kategori umum itu sendiri adalah jenis model yang dapat dikelompokkan menjadi beberapa model seperti dibawah ini:

a. Model ikonik

 Model ikonik adalah perwakilan bentuk fisik dari suatu hal yang baik dimana saling seimbang atau ideal dalam skala yang berbeda. Karakteristik yang dimiliki sama dengan yang diwakili dalam waktu peeristiwa yang spesifik juga. Model yang satu ini dapat berdimensi dua anatara lain foto, peta, dan lain sebagainya. Ataupun berdimensi tiga (protosip mesin, alat), sedangkan jika lebih dari dimensi tiga tidak bisa dikonstruksikan secara fisik, sehingga memerlukan kategori yang simbolik.

b.Model analog

Model yang satu ini dapat mewakili situasi yang dinamik, dalam arti kondisinya dapat berubah-ubah tergantung waktu. Model analog biasanya digunakan untuk menjabarkan hubungan kuantitatif anatara sifat dan kelas-kelasnya yang berbeda.Contoh: kurva permintaan serta diagram alir.

c.Model Simbolik (model Matematik)

Ilmu sistem memusatkan kepada model simbolik sebagai perwakilan realita yang sedang dikaji. Format model simbolik dapat berupa angka, simbol maupun rumus. Jenis model simbolik pada umumnya dipakai dalam suatu persamaan, dimana bentuk persamaan tersebut harus tepat, singat, dan mudah untuk dipahami. Suatu persamaan dapat dikatakan bahasa yang universal (luas) pada penelitian dari suatu operasional dan ilmu sistem, dimana berkaitan dengan logika simbolis.

   Pada umunya model matematis dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Suatu model adalah bisa statis atau dinamis. Model statis memusatkan pada titiktunggal dari waktu, sedangkan model dinamis menelusuri jalur waktu dan peubah-ubah model. Model dinamik lebih rumit dan mahal dari segi pembuatannya, namun memebrikan kekuatan yang tinggi pada saat analisis dari dunia nyata.








0 Responses

Posting Komentar